Senin, 10 Oktober 2016

Kekuatan Cinta


Makna cinta mulai tergeser dari substansinya, karena kata cinta lebih sering digunakan oleh muda mudi yang sedang menjalin kasih atau dua insan yang sedang jatuh cinta. sehingga kata cinta ini mengalami penyempitan makna. Padahal kata cinta ini sesungguhnya memiliki makna yang sangat luas. ada cinta kepada Allah, ada cinta kepada sesama, ada cinta kepada harta, ada cinta kepada lingkungan, ada cinta kepada jabatan dan lain-lain. cinta membuat seseorang kuat dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan.
Prof. Dr. Quraish shihab mengatakan cinta bukan hanya sesuatu yang menyenangkan tapi juga dibutuhkan tidak hanya oleh manusia tetapi semua makhluk. cinta mengantarkan kepada kebahagiaan. Cinta sulit dilukiskan dengan kata-kata bahkan sementara pakar mengatakan ia tidak dapat dilukiskan karena itu hanya gejala-gejalanya yang dapat dijelaskan tapi yang pasti cinta adalah yang mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal yang positif, karya-karya besar manusia justru lahir dari cinta.
Dari pernyataan Quraish Shihab diatas ada kalimat yang menarik, cinta itu dibutuhkan. Cinta itu seperti energi pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Orang yang melakukan suatu pekerjaan tanpa disertai dengan cinta maka akan terasa hambar, tidak semangat., tidak betah, mudah emosi. Tapi perhatikan orang yang mencintai pekerjaannya, mereka berangkat dengan perasaan bahagia dan pulang dengan bahagia.
Kalau kita perhatikan sejarah keberhasilan Nabi SAW dalam menyebarkan agama Islam maka kita akan menemukan cinta. Banyak dalil-dalil yang mengungkapkan betapa besar kecintaan Nabi SAW kepada umatnya. Sampai dikatakan dalam Al-Qur’an bahwa Rasulullah SAW harishun ‘alaikum sampai terasa perih hati beliau karena cinta kepada umatnya, cinta beliau amat sangat mendalam. Cinta itu bumbu kehidupan yang membuat terasa indah sehingga perasaan dalam hati ingin terus memperjuangkannya. Apapun yang kita cita-citakan dan yang sedang kita lakukan, kejarlah dan lakukanlah dengan cinta agar apa yang kita lakukan dapat kita nikmati dan tentunya membawa hasil yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar